Kamis, 07 Mei 2009

Tentang Gedung BIru


Mengapa Diberi Nama Gedung Biru


SETIAP Orang yang berkunjung ke Kantor Surat Kabar Harian (SKH) Radar Timika, pasti selalu bertanya, mengapa gedung ini diberi nama "Gedung Biru" (Blue House) ?

Apakah karena warna gedung ini biru ?.

Itulah yang pertama ditanyakan setiap pengunjung yang datang di kantor Radar Timika.

Memang sejak gedung berlantai II dengan ukuran 18 X 27 ini ditempati dan diresmikan pertengahan tahun 2007 lalu, banyak sekali lembaga bahkan para pelajar yang berkunjung (press tour) secara resmi ke gedung ini.

Mulai dari TK, SD, SMP, SLTA, mahasiwa bahkan pramuka, sudah pernah berkunjung secara resmi ke gedung biru. Intinya, mereka menempatkan jurnalistik dalam pelajaran ektrakurikuler. Untuk itu, mereka datang dipandu guru pembimbing atau dosen mereka untuk belajar jurnalistik, sekaligus melihat langsung cara kerja wartawan, dapur redaksi, cara mencetak dan menerbitkan koran, sekaligus bertamu dan mengajak bekerjasama dalam hubungan komunikasi massa, maupun ajang untuk berpromosi.

Selain para pelajar yang sering bertamu ke Gedung Biru, berbagai lembaga juga sudah pernah berkunjung ke gedung ini, seperti kunjungan resmi para pejabat Muspida, LSM maupun BUMN dan pebisnis lainnya. Tak jarang pula para mahasiswa memilih Radar Timika untuk melakukan penelitian dalam merampungkan kuliahnya. Intinya, mereka untuk melihat langsung Gedung Biru dan Dapur Redaksi serta cara mencetak koran, juga ingin memahami dan mencari manfaat bermitra dengan media massa.

Kembali ke soal nama Gedung Biru. Awalnya pemberian warna cat dan nama gedung sempat jadi perdebatan karyawan saat gedung ini mau dicat. Waktu itu para karyawan PT Timika Media Utama (PT.TMU) yang menerbitkan SKH Radar Timika, sempat terjadi silang pendapat soal warna dan nama gedung. Namun akhirnya ditemukan kata sepakat untuk memberi warna gedung ini dengan warna biru langit, sekaligus bernama gedung biru (Blue House).

Dasarnya, bahwa warna biru adalah simbol pekerja keras, ulet dan jujur. Selain itu, nama Gedung Biru beluam ada di Timika, seperti Gedung Putih sangat populer di Amerika sebagai istanah presiden. Diharapkan nama Gedung Biru, juga ikut mempopulerkan Radar Timika dan menjadi khas Radar Timika. Dan ternyata benar, setiap menyebut Gedung Biru, identik dengan Radar Timika, begitupun Radar Timika, identik dengan Gedung Biru di Timika. Semua orang Timika tahu bahwa Radar Timika ada di Gedung Biru. Begitu sebaliknya Gedung Biru adalah kantor Radar Timika.




Alamat Lengkap Gedung Biru :


Gedung Biru Radar Timika, Jln Yos Sudarso, Kawasan Nawaripi, Kota Timika, Propinsi Papua.


Web Site : www/radartimika.com

Telepon/fax : (0901) 3302222, HP : 0811491939/0811498811


1 komentar:

  1. Mantap, ternyata pengalaman om Octovianus Danuan sudah sampai ke negeri Tirai Bambu, ditunggu tulisan lain dari om Octo

    GBU

    Kabarmamasa

    BalasHapus